DOT CARD UNTUK BATITA

Sebelum mulai mengajarkan matematika pada si buah hati, tinggalkanlah paradigma berpikir bahwa belajar matematika adalah bersusah payah, suatu beban berat, suatu tugas, suatu momok yang menakutkan, karena jika kita berpikir seperti itu maka kita juga akan berpikir bahwa matematika tak pantas diajarkan pada bayi ataupun batita. Dilain pihak, kenapa beberapa orang bisa sangat menyukai pelajaran matematika dan menikmatinya seperti sebuah permainan? Sebenarnya hal ini karena perbedaan cara pandang saja. Jika sudah sejak awal kita mempersepsikan sesuatu itu menakutkan atau menjemukan maka kita cenderung melakukan penolakan. So..ubahlah pandangan anda tentang matematika menjadi sebuah permainan yang menyenangkan, suatu yang lebih nikmat dari coklat atau kue dan belajar metematika adalah bersenang-senang bukan bersusah payah, juga merupakan suatu kehormatan.
Perubahan pola pikir akan membuat suasana permainan menjadi sangat menyenangkan, karena anda akan membawakannya dengan hati dan ekspresi gembira dan ini akan membuat si buah hati ikut menikmatiya dengan gembira juga.

Baca lebih lanjut

Iklan

Mengatasi Anak Susah Makan

Seorang ibu yang sedang bingung, memeriksakan anaknya ke dokter anak, karena berat badan Si anak tidak naik dalam dua bulan berturut-turut dan sering sakit. Dokter menasehati Si ibu untuk memberikan makanan bergizi pada anaknya, secara rinci dokter menjelaskan jenis-jenis makanan bergizi. Selesai penjelasan Si ibu berkata, “ Dok saya sudah tahu tantang gizi, yang saya tidak tau bagaimana caranya memasukkan makanan itu ke dalam perut anak saya”.

Banyak faktor yang menyebabkan anak sulit makan, antara lain masalah penyakit (alergi, infeksi, gangguan mengunyah dan menelan), makanan yang kurang menarik dan kurang bervariasi dan faktor psikologi. Penyebab yang membuat anak sulit makan bisa berbeda dengan anak yang lain, untuk mengatasi masalah ini kita harus melihat kasus per kasus.

Buku ini sumber informasi tentang cara mengatasi berbagai penyebab kesulitan makan. Jika anda memiliki masalah serupa simak buku ini selengkapnya.
Buku ini merupakan karya ke 3 dari Nurul Laily Hidayati, S.Si.T, M Kes, salah seorang staf Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

Makanan Untuk Keluarga

Masak apa ya…nanti? Di kulkas rumah ada jagung, telur, gandum, kobis,seledri, wortel, ayam. Apa bikin sop wortel kobis aja trus lauknya bikin bakwan jagung saja ya? Pasti ayah dan Qila suka.

Tiap pulang kerja aku kadang bingung dengan ide masakan yang akan kuhidangkan untuk keluarga di sore hari. Habis daftar masakan yang ada di kepalaku itu-itu aja, jadi bosen juga. Mau nyoba resep yang ada di buku-buku susah nyari bahannya di pasar. Kalo bahan nggak lengkap nggak puas rasanya.

Males rasanya kalau harus menyusun siklus menu. Soalnya kemungkinan meleset dari perencanaan sangat besar, karena sering kali ga ada waktu buat belanja. Waktu untuk masak juga kadang ga ada karena begitu sampai rumah aku sudah disibukkan dengan dua buah hatiku.

Untungnya ayah ga pernah protes apapun masakanku. Dia memang laki-laki yang sangat menyenangkan, jarang sekali marah dan protes. Semua masakan yang kusajikan selalu berkenan di hatinya dan selalu ia santap. Kalo kubilang, “Yah pilih dibuatin soto apa sate?” Dia jawab, “Apa aja yang menurut Mama paling mudah dibuat dan nggak merepotkan.” Itulah suamiku tercinta yang tidak pernah ingin merepotkan istri.

Nah kalo anak-anak laen lagi. Kalo yang bungsu Atha nih jatahnya bubur, baru 7 bulan sih. Tapi akhir-akhir ini lagi lahap-lahapnya kalo disuapi bubur. Kalo dah lihat sendok didepan maunya nyosor melulu, lucu deh. Dua minggu lalu pas diare kuberi sirup Zinc selama sepuluh hari yang dapat meningkatkan nafsu makannya, mungkin ini yang membuat nafsu makannya agak luar biasa. Kakaknya (Qila) laen lagi sukanya ayam atau bebek kalo di rumah (meskipun gitu aku selalu ganti-ganti), kalo di sekolah apa aja mau asal pake kuah sayur, paling seneng kuah soto atau sop. Aku suka sekali ekpressinya kalo lagi makan terasa enak kadang bilang, “Enak buatan Mama jempol dua, “ katanya dengan mata berbinar dan mengacungkan jempolnya kanan kiri. Di sekolah (TPA) si kakak paling jago makan, bahkan kata ustadhahnya (guru) Qila minta makan berkali-kali paling sering 5 kali. Tiap pagi selalu kubawakan bekal makanan, kalo tidak kasian ustadhahnya kualahan dimintai maem, kan belum siap.

Ensiklopedi Bocah Muslim

Seringkali kita sebagai orangtua merasa kewalahan untuk menjawab pertanyaan mereka yang sangat beragam. Karena memang begitulah anak-anak, selalu bertanya dan mempertanyakan tentang segala sesuatu.
Ensiklopedi Bocah Muslim hadir untuk membantu orangtua dan anak muslim mencari jawaban atas keingingintahuan mereka…
Ensiklopedi Bocah Muslim berisi pengetahuan dasar yang dibutuhkan anak, disajikan dengan bahasa yang komunikatif dengan anak serta gambar yang menarik yang bertujuan untuk mengembangkan 3 kecerdasan utama anak yaitu IQ,EQ dan SQ.
Buku Ensiklopedi Bocah Muslim menyajikan lebih dari 300 entri yang dirangkum dalam 15 tema besar. Entri tersebut disusun berdasarkan tema yang sesuai dengan tingkat kepentingannya yaitu dari tema yang paling dekat dengan diri kita (manusia)berlanjut kepada tema di luar diri manusia (alam).Susunan itu dipilih dengan merujuk kepada paradigma Islam yang menempatkan diri sebagai titik awal,seperti yang diungkapkan seorang ulama,”siapa yang mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya.”
Ensiklopedi Bocah Muslim berisi pengetahuan dasar yang disampaikan dalam kerangka tauhid (memandang sains dan agama bukan sesuatu yang terpisah). Semuanya dimaksudkan agar selain menambah pengetahuan anak-anak , tentu saja agar tumbuh rasa cinta dan syukur mereka kepada Allah SWT.Dilengkapi pula dengan ayat al-Qurán,Hadis,kata mutiara dan Doá.

Ensiklopedi Bocah Muslim dilengkapi kotak aktivitas yang membantu anak lebih memahami materi yang disajikan. Berbagai aktivitas yang disajikan dirancang untuk melatih kecerdasan kinestetik (fisik) anak.

Ensiklopedi Bocah Muslim dilengkapi dengan fasilitas Kotakata menyajikan kamus mini tiga bahasa serta memperkenalkan istilah-istilah agama, dan istilah teknis berbagai disiplin ilmu. Rubrik ini sangat membantu perkembangan kecerdasan linguistik anak. Ditambah dengan fasilitas Lacak atau Indeks terusan membantu anak menghubungkan satu tema dengan tema lain. Rubrik ini melatih anak untuk mengelompokkan, membedakan, menghubungkan, dan berbagai kecakapan logis matematis lainnya.

Adanya Kisah-kisah memukau dalam Ensiklopedi Bocah Muslim yang membantu menguatkan kesan anak terhadap materi yang disajikan. Kisah-kisah yang sarat pesan moral membantu meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal.

Dulu pertama kali saya tertarik dengan buku ini salah satunya karena hal yang terdapat dalam buku jilid 12 tentang Bumi kita :
” Menurut penelitian hingga kini Bumi terus bergerak,para ilmuwan membuktikan bahwa Benua Australia bergerak mendekati Irian satu cm setiap tahunnya. Artinya gunung-gunung yang ada di benua itu ikut bergeser. Itulah maksud dari ayat Al-Qurán “…gunung-gunung bisa berjalan…”(Q.S. Surat An-Naml ayat 88).

Hal ini menjelaskan bahwa ternyata 14 abad sebelum penemuan iniAllah SWT sudah menjelaskannya dalam Al-Quran.
Kalau pada ensiklopedi umum, mungkin hanya menjelaskan tentang penemuan ini saja. Tapi di Ensiklopedi Bocah Muslim juga diberikan ayat Al-Qur’an yang membahas tentang penemuan tersebut. Jadi tanpa menggurui (yang kadang tidak disukai anak) buku ini sedikit demi sedikit akan menanamkan sifat-sifat kebesaran Allah SWT di benak mereka.

Mari kita lihat contoh lainnya dalam buku tentang Alam Semesta jilid 13
“Jika berpuasa di Venus, kita harus menunggu 120 hari untuk berbuka.Wah lama sekali!Sebab satu hari di Venus sama dengan 243,2 hari di Bumi. Alhamdulillah, untung saja Allah SWT menempatkan kita di planet Bumi yang satu harinya hanya 24 jam.”

Kalau di ensiklopedi umum mungkin kita hanya menemukan informasi tentang: satu hari di planet Venus sama dengan 243,2 hari di bumi. Namun di Ensiklopedi Bocah Muslim ini dijelaskan lebih lanjut perbedaan di bumi dan di venus. Perbedaannya diilustrasikan dengan lamanya waktu puasa. Jelas anak akan cepat menangkap bahwa lebih enak tinggal di bumi. Pada akhirnya akan tumbuh rasa syukur anak kita kepada Allah SWT karena Allah SWT memberikan bumi untuk ditempati manusia.

Subhanallah.. dalam buku Ensiklopedi Bocah Muslim, diawali dengan Hakikat manusia yaitu Dari Mana Kita Berasal?Dengan bahasa yang memang disampaikan untuk anak,Anak memahami apa tujuan hidupnya,dan terjawablah sebelum mereka di perut Ibunya adanya di mana…
Dalam buku ini pun,secara tidak langsung anak diajak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan pada tubuhnya.Anak akan belajar tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT agar anak semakin cinta kepada-Nya.
Alhamdulillahnya ke semua materi telah ditashih oleh para pakar yang kompeten di bidangnya. Hal ini akan memberikan jaminan terhadap kebenaran materi yang disampaikan.

Yuk, kita lihat komentar beberapa orang tentang buku ensiklopedi ini:
“Buku ini merupakan terobosan penting untuk meningkatkan wawasan anak muslim, orangtua, dan pendidik di bidang pengetahuan umum serta agama secara terpadu. Bahasanya mendorong anak-anak bersikap kritis, kreatif dan inovatif. Pembaca juga diajak belajar dengan cepat, tepat, terarah dan tidak membosankan.” (KH. Dr. Miftah Faridl, Ulama)

“Melalui Ensiklopedi ini, Anda akan melihat lebih dekat keagungan dan keindahan Allah SWT.” (Harun Yahya, Cendekiawan muslim dari Turki)

“Mata anak adalah mata yang takjub memandang dunia. Ensiklopedi Bocah Muslim ini memberikan warna-warni sebagian ketakjuban itu.” (Dr. Karlina Leksono, Ilmuwan)

“Buku ini membuat Tasya ingin terus membaca, soalnya isinya lengkap sih. Tasya yakin teman-teman juga suka buku ini.” (Tasya, artis)

Dijual satu paket terdiri dari 15 Jilid buku, seharga Rp 2.760.000,-. Jika berminat hubungi Nurul, Yogyakarta Hp 02748258467, Pembayaran bisa cash (discon 10%), kredit atau arisan (Khusus Yogyakarta).

BUKU YANG MENCERDASKAN BALITA

Masa balita adalah masa keemasan. Masa ini merupakan waktu ideal untuk mempelajari keterampilan dasar, membentuk kebiasaan-kebiasaan, serta memperoleh konsep dasar yang berpengaruh pada masa kehidupan selanjutnya. Buku ini membantu anak Anda menjalani masa keemasan tersebut.

Petunjuk untuk orangtua ini memberikan gambaran tentang tujuan dari cerita yang akan disampaiak pada buku ini. Pada bagian ini, juga disajikan tips-tips praktis untuk orangtua yang dapat diterapkan dalam melakukan pendampingan kepada anak sesuai dengan tema yang disampaikan.

Halaman interaktif menyediakan bagian yang bisa dibuka-tutup. Mengajak anak berinteraksi dengan buku, serta membantu menguatkan kesan anak terhadap cerita yang disampaikan.

Setiap halaman dirancang agar anak mudah menangkap informasi yang disampaikan. Cerita disampaikan dengan kalimat-kalimat pendek dan pemilihan kata yang sederhana. Gambar ditampilkan dalam bentuk dan warna yang nyaman untuk anak-anak.

Dus kemasan bisa dipergunakan sebagai panggung boneka. Permainan boneka ini merupakan bagian dari proses penguatan kesan anak terhadap cerita yang disampaikan.

9 Jilid SELF HELP
Topik ini melatih kebiasaan dan kemandirian anak dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Aku Bisa Makan Sendiri
Aku Bisa Mandi Sendiri
Aku Bisa Pakai Baju Sendiri
Aku Berani Tidur Sendiri
Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri
Aku Suka Buku
Aku Selalu Hati-hati
Aku Berani ke Dokter
Aku Senang Keliling Kota

5 Jilid SPIRITUAL
Topik ini melatih anak melakukan aktivitas yang merupakan pengembangan awal keyakinannya dalam kehidupan beragama.

Aku Sayang Allah
Aku Sayang Rasulullah
Aku Bisa Shalat
Aku Belajar Puasa
Aku Cantik Pake Jilbab

11 Jilid VALUE
Topik ini melatih anak agar mulai memahami dan menerapkan nilai-nilai moral dasar.

Aku Suka Menabung
Aku Anak Jujur
Aku Anak Pemberani
Aku Belajar Membuang Sampah
Aku Sayang Teman
Aku Sayang Bibi
Aku Anak Santun
Aku Sayang Keluarga
Aku Anak Sabar
Aku Suka Berterima Kasih
Aku Sayang Mio

+ 1 Jilid Panduan Untuk Orangtua
Petunjuk penggunaan buku Halo Balita.
Informasi penting tentang dunia balita.
Tips-tips praktis seputar keayahbundaan.

Buku dijual 1 paket seharga Rp 1.540.000,- diskon 10% khusus pembelian cash. Jika berminat hubungi Nurul, Yogyakarta Hp 02748258467