Bayi dan Balita

Ensiklopedi Bocah Muslim
Seringkali kita sebagai orangtua merasa kewalahan untuk menjawab pertanyaan mereka yang sangat beragam. Karena memang begitulah anak-anak, selalu bertanya dan mempertanyakan tentang segala sesuatu.
Ensiklopedi Bocah Muslim hadir untuk membantu orangtua dan anak muslim mencari jawaban atas keingingintahuan mereka…
Ensiklopedi Bocah Muslim berisi pengetahuan dasar yang dibutuhkan anak, disajikan dengan bahasa yang komunikatif dengan anak serta gambar yang menarik yang bertujuan untuk mengembangkan 3 kecerdasan utama anak yaitu IQ,EQ dan SQ.
Buku Ensiklopedi Bocah Muslim menyajikan lebih dari 300 entri yang dirangkum dalam 15 tema besar. Entri tersebut disusun berdasarkan tema yang sesuai dengan tingkat kepentingannya yaitu dari tema yang paling dekat dengan diri kita (manusia)berlanjut kepada tema di luar diri manusia (alam).Susunan itu dipilih dengan merujuk kepada paradigma Islam yang menempatkan diri sebagai titik awal,seperti yang diungkapkan seorang ulama,”siapa yang mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya.”
Ensiklopedi Bocah Muslim berisi pengetahuan dasar yang disampaikan dalam kerangka tauhid (memandang sains dan agama bukan sesuatu yang terpisah). Semuanya dimaksudkan agar selain menambah pengetahuan anak-anak , tentu saja agar tumbuh rasa cinta dan syukur mereka kepada Allah SWT.Dilengkapi pula dengan ayat al-Qurán,Hadis,kata mutiara dan Doá.

Ensiklopedi Bocah Muslim dilengkapi kotak aktivitas yang membantu anak lebih memahami materi yang disajikan. Berbagai aktivitas yang disajikan dirancang untuk melatih kecerdasan kinestetik (fisik) anak.

Ensiklopedi Bocah Muslim dilengkapi dengan fasilitas Kotakata menyajikan kamus mini tiga bahasa serta memperkenalkan istilah-istilah agama, dan istilah teknis berbagai disiplin ilmu. Rubrik ini sangat membantu perkembangan kecerdasan linguistik anak. Ditambah dengan fasilitas Lacak atau Indeks terusan membantu anak menghubungkan satu tema dengan tema lain. Rubrik ini melatih anak untuk mengelompokkan, membedakan, menghubungkan, dan berbagai kecakapan logis matematis lainnya.

Adanya Kisah-kisah memukau dalam Ensiklopedi Bocah Muslim yang membantu menguatkan kesan anak terhadap materi yang disajikan. Kisah-kisah yang sarat pesan moral membantu meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal.

Dulu pertama kali saya tertarik dengan buku ini salah satunya karena hal yang terdapat dalam buku jilid 12 tentang Bumi kita :
” Menurut penelitian hingga kini Bumi terus bergerak,para ilmuwan membuktikan bahwa Benua Australia bergerak mendekati Irian satu cm setiap tahunnya. Artinya gunung-gunung yang ada di benua itu ikut bergeser. Itulah maksud dari ayat Al-Qurán “…gunung-gunung bisa berjalan…”(Q.S. Surat An-Naml ayat 88).

Hal ini menjelaskan bahwa ternyata 14 abad sebelum penemuan iniAllah SWT sudah menjelaskannya dalam Al-Quran.
Kalau pada ensiklopedi umum, mungkin hanya menjelaskan tentang penemuan ini saja. Tapi di Ensiklopedi Bocah Muslim juga diberikan ayat Al-Qur’an yang membahas tentang penemuan tersebut. Jadi tanpa menggurui (yang kadang tidak disukai anak) buku ini sedikit demi sedikit akan menanamkan sifat-sifat kebesaran Allah SWT di benak mereka.

Mari kita lihat contoh lainnya dalam buku tentang Alam Semesta jilid 13
“Jika berpuasa di Venus, kita harus menunggu 120 hari untuk berbuka.Wah lama sekali!Sebab satu hari di Venus sama dengan 243,2 hari di Bumi. Alhamdulillah, untung saja Allah SWT menempatkan kita di planet Bumi yang satu harinya hanya 24 jam.”

Kalau di ensiklopedi umum mungkin kita hanya menemukan informasi tentang: satu hari di planet Venus sama dengan 243,2 hari di bumi. Namun di Ensiklopedi Bocah Muslim ini dijelaskan lebih lanjut perbedaan di bumi dan di venus. Perbedaannya diilustrasikan dengan lamanya waktu puasa. Jelas anak akan cepat menangkap bahwa lebih enak tinggal di bumi. Pada akhirnya akan tumbuh rasa syukur anak kita kepada Allah SWT karena Allah SWT memberikan bumi untuk ditempati manusia.

Subhanallah.. dalam buku Ensiklopedi Bocah Muslim, diawali dengan Hakikat manusia yaitu Dari Mana Kita Berasal?Dengan bahasa yang memang disampaikan untuk anak,Anak memahami apa tujuan hidupnya,dan terjawablah sebelum mereka di perut Ibunya adanya di mana…
Dalam buku ini pun,secara tidak langsung anak diajak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan pada tubuhnya.Anak akan belajar tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT agar anak semakin cinta kepada-Nya.
Alhamdulillahnya ke semua materi telah ditashih oleh para pakar yang kompeten di bidangnya. Hal ini akan memberikan jaminan terhadap kebenaran materi yang disampaikan.

Yuk, kita lihat komentar beberapa orang tentang buku ensiklopedi ini:
“Buku ini merupakan terobosan penting untuk meningkatkan wawasan anak muslim, orangtua, dan pendidik di bidang pengetahuan umum serta agama secara terpadu. Bahasanya mendorong anak-anak bersikap kritis, kreatif dan inovatif. Pembaca juga diajak belajar dengan cepat, tepat, terarah dan tidak membosankan.” (KH. Dr. Miftah Faridl, Ulama)

“Melalui Ensiklopedi ini, Anda akan melihat lebih dekat keagungan dan keindahan Allah SWT.” (Harun Yahya, Cendekiawan muslim dari Turki)

“Mata anak adalah mata yang takjub memandang dunia. Ensiklopedi Bocah Muslim ini memberikan warna-warni sebagian ketakjuban itu.” (Dr. Karlina Leksono, Ilmuwan)

“Buku ini membuat Tasya ingin terus membaca, soalnya isinya lengkap sih. Tasya yakin teman-teman juga suka buku ini.” (Tasya, artis)
Jika berminat hubungi Nurul Laily, Kulon Progo, Yogyakarta Hp 081392122211 atau 02748258467, Pembayaran bisa cash (discon 10%), kredit atau arisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: