Gizi sebagai Kebutuhan Dasar Manusia

Dahulu manusia makan dan minum karena tubuh merasakan lapar dan haus, sehingga dalam mengkonsumsi makanan hanya bertujuan untuk mencapai rasa kenyang dan menghilangkan rasa haus. Pekembangan ilmu pengetahuan dan munculnya berbagai macam penyakit yang disebabkan antara lain karena kurang zat gizi, membuat manusia tahu bahwa di dalam makanan terkandung zat zat yang sangat diperlukan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara normal dan terhindar dari penyakit.
Gizi berasal dari bahasa Arab “Al Gizzai” yang artinya makanan dan manfaatnya untuk kesehatan. Sedangkan ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari cara memberikan makanan yang sebaik-baiknya agar tubuh selalu dalam kesehatan yang optimal.
Zat Gizi adalah zat kimia yang umumnya terdapat dalam makanan yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan. Jika kebutuhan zat gizi terpenuhi maka semua organ tubuh dapat berfungsi secara normal sehingga dapat melakukan kegiatan kita sehari hari dengan baik.
Pangan adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan. Supaya sehat dan cukup gizi, kita harus memperoleh pangan yang aman, bergizi, berimbang dan beragam. Fungsi yang beragam itu dimungkinkan oleh peranan zat gizi yang terkandung dalam pangan. Jenis zat gizi dalam pangan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Semua makanan mengandung satu atau lebih zat gizi tersebut dalam jumlah yang beragam. Setiap jenis zat gizi mempunyai fungsi khusus. Inilah sebabnya keragaman pangan penting bagi kesehatan
Terlalu banyak pangan atau ketidakseimbangan dalam mengkonsumsi pangan dapat membuat kesehatan menurun dan menyebabkan tubuh beresiko terhadap penyakit kronis seperti obesitas (kegemukan), penyakit jantung dan diabetes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: