Cara minum tablet tambah darah

Makanan yang mempunyai kandungan zat besi yang tinggi belum tentu menjadi sumber zat besi yang baik bagi anda, karena tergantung pada proses penyerapan yang dipengaruhi oleh penghambat (inhibitor) dan enhancer (pembantu). Berikut adalah aturan minum tablet besi  atau tablet tambah darah yang baik:

  • Minum tablet tambah darah dengan air putih saja,agar penyerapan zat besi dalam tubuh dapat berjalan dengan baik. Gejala sampingan ringan seperti perut tidak enak,mual dan susah buang air besar serta tinja berwarna hitam tidak membahayakan
  • Sebaiknya diminum setelah makan malam disertai buah-buahan untuk membantu proses penyerapan, karena kandungan vitamin C pada buah dapat membatu penyerapan zat besi.
  • Jangan minum tablet bersamaan dengan susu atau tablet calsium (Kalk), karena calsium dalam susu dan dalam kalk akan menghambat penyerapan zat besi. Selain calsium, teh juga dapat menghambat penyerapan zat besi, oleh karena jika ingin minum teh sebaiknya jangan dekat waktunya dengan saat minum tablet tambah darah.
  • Kemasan tablet tambah darah yang telah dibuka agar ditutup kembali dengan rapat
  • Tablet tambah darah yang sudah berubah warna jangan diminum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: