Syarat Makanan: Aman, Bergizi, Berimbang, Beragam dan Halal (AB3H)

Apakah Anda menetapkan syarat tertentu terhadap makanan yang Anda makan? Mungkin ada sebagian orang hanya menuruti selera lidah alias enak aja tanpa pusing-pusing memikirkan lainnya.

Menurut teori yang ada pada ilmu gizi dan pertanian, makanan yang baik jika memenuhi beberapa persyaratan yaitu aman, bergizi, berimbang, beragam dan kedepannya mau ditambah satu syarat lagi yaitu halal.

Keamanan adalah syarat mutlak makanan, walaupun mungkin kurang bergizi tapi kalau sudah aman minimal makanan tidak membuat konsumennya sakit atau keracunan. Jadi jika ada dilema dalam memperlakukan makanan misalnya merebus untuk mengurangi residu pestisida tak masalah walaupun zat gizi tertentu ikut hilang dalam proses perebusan itu.

Yang kedua adalah bergizi, gizi terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Makanan yang baik yang bergizi tinggi, namun juga harus disesuaikan dengan konsumennya.

Selain bergizi juga harus berimbang, artinya proporsi zat gizi yang dikonsumsi sesuai dengan yang kita butuhkan. Jika tidak seimbang maka akan berakibat timbulnya masalah gizi  baik itu kurang gizi atau kelebihan gizi.

Beragam artinya bahan makanan yang digunakan bervariasi tidak monoton itu-itu saja.  Selain menghindari kebosanan juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dibandingkan hanya makan beberapa jenis saja.

Persyaratan halal masih dalam wacana ditambahkan mengingat mayoritas agama di Indonesia adalah Islam. Halal itu bisa bersifat halal zatnya dan halal cara mendapatkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: