Manfaat Air Minum

Berapa jumlah air yang Anda minum? Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup. Jika diasumsikan air yang terkandung dalam makanan sekitar 2 gelas, maka air minum yang kita butuhkan sekitar 6 sampai 8 gelas per harinya.

Kita membutuhkan air minum lebih banyak lagi saat kita lelah, berkeringat banyak. Kekurangan air minum menyebabkan beban kerja ginjal lebih berat dan dapat meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Air yang bersih adalah yang bebas dari cemaran kimia, mikrobia yang berbahaya dan cemaran fisik. Ciri -ciri air yang bersih dan aman adalah tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau.

Fungsi air

  1. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
  2. Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita
  3. Pelumas bagi sendi-sendi
  4. Menstabilkan suhu tubuh
  5. Melancarkan buang air besar

Para ahli merekomendasikan untuk menghindari minum di sela-sela makan, karena air minum yang banyak saat makan justru akan menghambat proses penyerapan, memperberat kerja enzim pencernaan.

Waktu minum yang paling baik adalah :

  1. Saat bangun tidur
  2. Satu jam sebelum tidur
  3. Satu jam sebelum makan
  4. Dua jam setelah makan

Selain itu juga dianjurkan untuk minum tidak hanya pada saat kehausan. Jika aktivitas makin banyak maka air akan terkuras dari tubuh. Saat kita berada di ruangan ber-AC, banyak-banyaklah minum air putih untuk menghindari dehidrasi dan kulit kering.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: