TIPS MENYIMPAN DAGING

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi tiba. Pada hari tersebut biasanya kita kebanjiran stock daging kurban, sampai sampai bingung mau dibikin masakan apa. Makan daging terus-terusan selain bosan juga tak baik bagi kesehatan. Menghindari kebosanan biasanya disimpan mentah atau olahan agar bisa dikonsumsi di lain hari. Masalahnya sekarang, jika anda tidak tahu cara menyimpan daging dengan baik, daging yang anda simpan dapat rusak dan berisiko menimbulkan keracunan. Berikut ini adalah cara-cara menyimpan daging dengan baik.

Perlu anda ketahui daging segar tahan disimpan di chiller atau penyimpanan dingin hanya 2-3 hari pada suhu dibawah 4oC dan bila ingin menyimpannya lebih lama, masukkan di dalam freezer atau penyimpanan beku. Di freezer pada suhu -18oC sampai -23,5oC, daging bisa bertahan hingga 3 bulan. Ada beberapa syarat agar daging tetap segar dan aman diolah setelah disimpan di freezer:

  • Daging harus dalam kondisi segar berwarna merah.
  • Jangan menyimpan daging dalam ukuran besar, jadi sebaiknya potong-potong daging sebelum disimpan, ini akan menyebabkan pembekuan lebih merata dan memudahkan anda dalam mengambil daging.
  • Bungkus daging dengan kemasan plastik tebal, dikemas rapat agar daging tidak mengalami dehidrasi. Daging yang dehidrasi akan mengalami perubahan warna menjadi coklat kehitaman, akan terjadi penyimpangan rasa bila diolah, dan alot.
  • Bila hendak digunakan, cairkan (thawing) daging. Ada 3 cara pencairan, yaitu di pindahkan ke chiller selama 12-24 jam, dibiarkan dalam temperatur ruang, dan letakkan di wastafel sambil dikucuri air keran dalam keadaan masih terbungkus plastik.
  • Daging yang sudah di-thawing tidak boleh dikembalikan ke freezer karena bakteri yang semula tertidur lelap bangun kembali dan mulai merusak daging. Sebaiknya daging segera diolah habis, kalaupun mau disimpan masukkan ke chiller, itu pun hanya bertahan 2 hari saja.

Sumber: Pengetahuan Bahan Pangan Hewani oleh Direktorat Surveilen dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 682 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: